Begini Cara Beli Rumah Tanpa Hutang di Tahun 2023, Simak Ulasannya!

beli rumah tanpa hutang - www.infomalangraya.co.id
beli rumah tanpa hutang - www.infomalangraya.co.id
banner 468x60

www.infomalangraya.co.id – Anda harus punya keyakinan bahwa membeli rumah itu memungkinkan dan yang menarik adalah bagaimana sebuah rumah melahirkan rumah.

Teman-teman hari ini topik kita akan sangat-sangat menarik sekali, karena kita akan membahas cara beli rumah tanpa hutang.

Ini anda benar-benar akan memiliki rumah dan benar-benar tanpa hutang.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Kebanyakan orang diluar sana memiliki mental dimana rumah itu harus KPR karena kita sudah dibombardir oleh iklan-iklan KPR dengan bunga murah.

Padahal kalau anda membeli rumah KPR anda harus siap memiliki excess biaya atau kenaikan nilai sebelum anda memiliki kenaikan nilai real.

Misalnya contohnya anda punya rumah harusnya harga 100 juta tapi karena anda membeli dengan KPR anda harus membayar 150, 200 bahkan 250 juta.

Artinya sebelum nilai rumah itu naik anda sudah membayar dengan harga premium, oke so jadi kami ingin memberikan anda tips supaya ada alternatif.

Yah anda harus punya keyakinan bahwa beli rumah tanpa hutang itu memungkinkan dan yang menarik adalah rumah melahirkan rumah, kalau anda punya rumah yang pertama anda akan bisa melahirkan rumah yang ke 2, rumah yang ke 3, rumah yang ke 4.

beli rumah tanpa hutang - www.infomalangraya.co.id
beli rumah tanpa hutang – www.infomalangraya.co.id

Cara Beli Rumah Tanpa Hutang

Yang pertama yang harus anda pahami bahwa rumah pertama yang kami beli, kami beli dengan harga 9 juta dan karena ini rumah pertama kami.

Tidak mau terlalu ideal tidak mau terlalu muluk-muluk rumahnya tipe 21 luas tanahnya 72 meter yang menarik adalah kami menjual rumah itu seharga 76 juta.

9 juta jadi 76 so jadi yang pertama yang harus anda miliki adalah sebuah mindset bahwa beli rumah yang penting milik sendiri dulu.

Kalau anda mau jual dalam jangka waktu berapa lama silahkan tetapi beli rumah semampu anda.

Pertama Bangun Mindset Semampu Kita

Anda ini goalnya adalah semampu kita, nggak bicara rumah ideal yah kita nggak berbicara rumah di Pondok Indah, kita nggak berbicara rumah let say di Kelapa Gading Boulevard nggak.

Kita bicara punya rumah, oke rumah kami yang ke 2 saya beli dengan harga 100 juta tipe 36, rumah ke 3 kami beli dengan harga 1,2 milyar.

Jadi anda bisa lihat bahwa rumah menghasilkan rumah, rumah ke 4 sampai rumah ke 10 itu ceritanya udah gampang udah enak udah santai.

So kami ingin memberikan anda mindset alternatif alternatif untuk beli rumah tanpa hutang.

Anda harus mengatur strateginya tapi ada 1 syarat, syaratnya anda harus memiliki penghasilan nggak mungkin dong anda beli rumah tapi nggak punya penghasilan.

Anda juga harus punya kedisiplinan dan fleksibilitas jadi anda nggak boleh hanya sekedar punya rumah tapi anda nggak mau kerja keras ya jangan lah.

Anda harus juga punya keinginan tuk menabung tapi saya mau kasih anda strateginya, strategi ini saya belajar dari orang tua kami.

Orangtua kami beli tanah dengan harga 25 juta, luas tanah kira-kira 300 meter lalu kemudian membangun rumah tanpa benar-benar berhutang.

Jadi mindsetnya adalah beli rumah tanpa hutang itu memungkinkan.

Banyak orang sudah menyerah sebelum bertanding, alasannya apa? rumah mahal yah harus KPR, pengen rumah dengan lokasi yang terbaik.

Anda harus fokus pada punya dulu, lokasi gimana nanti, yang penting punya dulu niatkan itu yang pertama karena setelah anda punya rumah 1.

Anda tau rasanya anda tau feelnya anda bisa punya rumah yang ke 2, ke 3, ke 4, ke 5 Aamiin nggak? Aamiin oke.

Tips Kedua Menentukan Budget

Yang ke 2 untuk bisa beli rumah tanpa hutang tentukan budget anda, anda lihat kira-kira rumah termurah yang mungkin terjangkau nilainya berapa?

let say misalnya kita berpikir ohhh 100 juta deh 200 juta kita nggak tahu, anda yang punya budget sendiri anda tetapkan budget itu.

Yang Ketiga Buat Anggaran

Oke, yang ke 3 untuk bisa beli rumah tanpa hutang adalah dengan buat anggaran kalau anda beli tanah nilainya mau berapa, bangunan nilainya berapa.

Yah intinya adalah yang penting bisa ditempatin dulu.

Bayangkan dulu rumah saya 300 meter yah orang tua kami membangun sendiri, pondasi sendiri, rumahnya kecil 3 kamar tapi yah sangat kecil sekali.

Cukup cukup halamannya pun nggak ada temboknya belakang kiri kanan itu belum ada yah belum ada pagar maksud kami jadi semuanya masih terbuka.

Dan ini semua ternyata lama-lama ya bisa di cicil bisa makin besar, makin besar, makin besar dan memungkinkan untuk menjadi rumah yang lebih keren lagi lebih layak lagi.

Keempat, Menetapkan Anggaran Dengan Target

Yang ke 4 anda harus menetapkan anggaran dengan target jadi anggaran yang anda miliki harus dikasih target.

Oke so anda kan tadi sudah bikin anggaran tanah berapa bangunan berapa dan seterusnya anda mau target kan berapa lama?

Let say misalnya 2 tahun atau 3 tahun budgetnya tetap rumahnya boleh pindah-pindah.

Jadi contohnya dulu kami punya cita-cita pengen beli rumah deket dengan rumah orang tua tapi ternyata budget kami waktu itu waktu terkumpul nilai tanahnya udah kemahalan.

Akhirnya kami ya masuk kedalam gang sedikit nggak apa-apa, masuk kedalam tempat yang lebih menjorok sedikit diluar kota sedikit nggak apa-apa.

Istilahnya kalau Bogor Kotamadya ada Kabupaten, ya nggak apa-apa lah jauh sedikit yang penting punya rumah itu pointnya yah so inget yah kita beli rumah tanpa hutang.

Nilai budgetnya tetap sama nggak apa-apa tetapi nanti bergeser agak jauh nggak apa-apa oke nggak usah memaksakan tempat lokasinya kalau bisa syukur kalau nggak bisa be flexible.

Kelima, Beli Rumah Tanpa Hutang Sesuai Yang Mampu Anda Bayar

Oke yang ke 5 beli apa yang mampu anda bayar misalnya contohnya, sekarang kami lagi bangun rumah juga di Kelapa Gading.

Karena kami sudah punya rumah, kami pengen bangun rumah yang berikutnya kemudian kami berpikir kira-kira rumah ini pengen kayak apa?

Jadi saat kami ke mall, saat kami pergi kemana saat ada uang kami beli apa yang mampu kami beli.

Misalnya bisa beli showernya dulu beli, bisa beli kerannya dulu beli jadi beli dicicil kan udah tau budget tuh, udah bikin anggaran kan.

Kira-kira kerannya berapa banyak yah handle pintu berapa banyak, mampu nggak beli handle pintu masa nggak mampu, beli dulu, mampu berapa 3, 4, 5 beli cicil, cicil beli handle pintu.

Karena nggak mungkin uangnya terpakai untuk yang lain tujuannya adalah kalau sudah menjadi barang, barang itu harus dijadikan sesuatu oke.

Jadi dirumah kami sebelum kami punya rumah, maksudnya sebelum kami benar-benar memiliki rumah yang akan dibangun itu udah ada shower sudah ada pemanas air pemanas air sudah ada rumah nya belum ada handle pintunya sudah ada rumahnya belum ada, keramiknya sudah milih rumahnya belum ada kenapa?

Karena sanggupnya ya itu ya nggak apa-apa, oke jadi misalnya anda bisa juga kerja sama dengan toko bangunan.

Keenam, Bangun Sendiri

Yang ke 6 menurut saya bangun sendiri jauh lebih murah dari pada kalau anda pakai arsitek atau anda pakai kontraktor borongan.

Anda boleh pakai tukang, anda boleh pakai mandor yang mengerti tetapi anda kontrol sendiri jauh, jauh, jauh lebih murah.

Jadi anda bisa mengontrol mengendalikan nominal biaya yang keluar untuk rumah pertama anda apalagi ana berniat beli rumah tanpa hutang, cara ini lebih menghemat biaya.

Ketujuh, Cari di OLX

Yang ke 7 kalau anda bingung cari tanah anda liat di OLX, OLX banyak sekali orang-orang yang jual butuh atau sedang butuh uang.

Tanahnya juga mungkin tidak terlalu tinggi masih ada tuh tanah yang masih 1,7 juta per meter, 1,5 juta permeter pinggir jalan jadi cuma mungkin luasannya. Dengan cara ini anda bisa nyari alternatif harga yang murah untuk bisa beli rumah tanpa hutang.

Yah makin luas tanahnya otomatis akan semakin besar biayanya, anda bisa mengikuti standart atau budget yang bisa anda bisa capai anda bisa dapatkan sesuai dengan target dan budget anda.

Kedelapan, Cari Income Tambahan

Tips yang kedelapan untuk bisa beli rumah tanpa hutang adalah anda harus cari income tambahan, kami inget cerita orang tua kami waktu bangun rumah yang di Bogor.

Untuk misalnya bikin pager ikut arisan yah jual makanan kumpulin uang, tapi setiap kali dapat uang langsung pergi ke toko bangunan.

Jadi nyicilnya atau nabung anda, nabungnya di toko bangunan.

Beli apa karena harganya kan harga harga hari itu, misalnya anda mau beli apa? batako, anda mau beli bata, anda mau beli reng anda mau beli kusen, anda mau beli kaca anda mau beli nako, anda mau beli apa?

Apa yang anda mau beli? anda bisa beli sesuai dengan budget anda, dimana anda punya uang hari itu yah.

Kesembilan, Nyicil di Toko Bangunan

Yang ke 9 adalah anda cicil toko bangunan, anda cicil jadi nggak usah terlalu gengsi ngobrol sama toko bangunan saya lagi pengen bangun rumah, saya mau nyicil nanti dicatat satu satu yah.

Thank you buat orang tua kami yang sudah memberikan inspirasi juga bisa beli rumah tanpa hutang.

Ke-10, Eksekusi Segera, Jangan Ditunda Beli Rumah Tanpa Hutang

Yang ke 10 adalah anda harus eksekusi segera, jangan tunggu lama-lama dan jangan berhenti jangan menyerah sebelum anda benar-benar punya rumah saya yakin dengan strategi-strategi ini anda bisa beli rumah tanpa hutang.***

Sumber: Youtube Tom MC


Eksplorasi konten lain dari Info Malang Raya

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan