Motor Listrik Axiis Liion, Kendaraan Masa Depan Lahir dari Tangan 3 Siswa Keren Portugal

Motor Listrik Axiis Liion, Kendaraan Masa Depan - www.infomalangraya.co.id
Motor Listrik Axiis Liion, Kendaraan Masa Depan - www.infomalangraya.co.id gambar diambil dari tangkapan layar youtube electric vehicles space
banner 468x60

www.infomalangraya.co.id – Motor Listrik Axiis Liion, baru-baru ini dunia otomotif kembali digemparkan dengan kabar akan diluncurkannya motor listrik bertenaga super, yakni Axiis Liion. Memang benar, belakangan ini banyak negara yang memamerkan kendaraan listriknya di masyarakat, tidak terkecuali Motor Listrik Axiis Liion.

Jika dilihat sekilas, motor ini memang tampak biasa saja layaknya motor pada umumnya. Namun, siapa sangka jika kendaraan elektrik ini memiliki kecepatan yang kabarnya bisa menyaingi kendaraan roda empat seperti Kijang Innova. Memangnya, seberapa keren motor listrik axiis liion ini? Mari kita kenali dengan saksama melalui informasi di bawah ini!

Kisah Singkat Motor Listrik Axiis Liion

Sebenarnya, Axiis merupakan sebuah perusahaan dari Portugal yang berperan dalam pembuatan berbagai komponen untuk sepeda motor off-road. Berbekal pengalaman yang cukup mumpuni, perusahaan ini akhirnya mampu membuat satu unit sepeda motor elektrik.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Axiis telah cukup lama berkecimpung dan berada di pasaran. Bahkan, perusahaan ini telah menjadi salah satu produsen utama untuk komponen CNC khusus mesin balap, khususnya pada supermoto.

Kemudian, memasuki tahun 2022 ini, Axiis mulai memperkenalkan sepeda motor pertamanya, yaitu Liion. Dengan pengalamannya di arena supermoto, Axiis Liion dibuat dengan tipe supermoto dan dibekali dengan mesin bertenaga listrik.

Yang paling menarik ialah kendaraan listrik ini terlahir dari tangan 3 orang siswa keren asal Portugal. Mereka membuktikan kepiawaiannya dalam merancang sebuah motor elektrik. Uniknya, motor ini bukan bergaya skuter atau motor bebek, melainkan motor listrik dengan gaya supermoto.

Ketiga siswa ini kemudian mendirikan sebuah brand motor listrik yang kini kerap disapa dengan sebutan Axiis. Sementara itu, motor elektrik yang merupakan mahakarya tangan mereka diberi nama Liion.

Lucunya, motor ini berdiri dengan hasil patungan dari ketiga siswa tersebut. Masing-masing mengeluarkan dana hingga 350 Poundsterling sehingga didapat total 1050 Poundnsterling atau sekitar Rp19,7 jutaan.

Motor Listrik Axiis Liion, Kendaraan Masa Depan Lahir dari Tangan 3 Siswa Keren Portugal

Bocoran Spesifikasi Motor Listrik Axiis Liion

Meskipun motor ini merupakan mahakarya dari tangan-tangan kecil, spesifikasinya tidak bisa dianggap remeh. Motor listrik Axiis Liion dirancang dengan mengusung frame CNC Machined Alloy, lengan ayun pada satu sisi serta bodywork berbahan serat karbon sehingga didapat bobot dari motor ini sekitar 133 kg.

Komponen yang dipakai juga berasal dari berbagai merek berkualitas. Imbasnya, masing-masing komponens sangat menunjang kinerja ekstrem motor. Beberapa di antarnya adalah garpu pacu dari WP, shock belakang dari Ohlins, serta sistem pengereman dari Brembo.

Dengan menggendong motor listrik, Axiis Liion mampu melaju dengan tenaga 134 hp dan membawa torsi yang hampir setara dengan mobil Lamborghini Aventador, yaitu 531 lb-ft atau setara dengan 719 Nm. Selain itu, kapasitas baterai yang dibawa oleh motor ini, yaitu 12 kWh dengan jangkauan jarak tempuh hingga 250 km.

Bukan hanya itu, kabarnya mesin ini mampu menghasilkan daya mencapai 100 kilowatts yang setara dengan power 134 dk. Power ini jelas melebihi Toyota New Avanza 1.5 yang hanya memiliki power 102,5 dk saja.

Lebih kerennya lagi, Sport fairing Yamaha R6 yang kita kenal memiliki kapasitas 600 cc, ternyata masih kalah tangguh dari Axiis Liion. R6 powernya masih tertahan pada angka 116,7 dk saja. Sebaliknya, Axiis Liion lebih dari itu.

Bukan hanya memiliki power yang keren, torsi yang dibawanya pun cukup menggelegar, yaitu mencapai 240 Nm. Dengan bekal mesin seperti ini, Motor Listrik Axiis Liion bisa meraih top speed mencapai 200 km/jam.

Untuk bisa menangani torsi yang dibawa, Motor Listrik Axiis Liion telah mengembangkan sistem elektronik yang cukup canggih. Sistem ini memungkinkan pengendaran untuk bisa menyesuaikan cara tenaga disalurkan roda belakang motor.

Sayangnya, supermoto listrik ini masih dalam tahap pengembangan. Untuk bisa meluncurkan motor ini di pasaran, kabarnya tim Axiis masih mencari sponsor untuk bisa menjadi donatur proyek mereka ini dan membantu melengkapi lineup motor tersebut.

Namun, jika motor ini benar-benar diproduksi secara massal, kabarnya tidak akan dibuat dengan kekuatan seperti pada konsep. Untuk penggunaan normal, motor ini hanya akan dibekali dengan power 73,7 dk saja. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan daya tahan baterai dari motor tersebut agar bisa bertahan dalam waktu yang lebih lama.

Itu dia sekilas ulasan mengenai motor listrik yang sangat keren ini, yaitu Axiis Liion. Melihat latar belakangnya, bisa dijadikan sebagai inspirasi untuk kaum muda yang juga senang berkecimpung dalam dunia otomotif agar bisa menghasilkan mahakarya yang luar biasa seperti mereka.***


Eksplorasi konten lain dari Info Malang Raya

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan