5 Kuliner Khas Dunia, Menyelami Kelezatan yang Spektakuler

kuliner khas dunia
banner 468x60

Kuliner Khas Dunia – Makanan merupakan kebutuhan primer bagi semua makhluk hidup untuk memenuhi nutrisi dan gizi yang dibutuhkan tubuh agar tetap sehat.

Di berbagai belahan dunia, terdapat beragam makanan khas yang menjadi favorit di kalangan usia dan populer secara internasional.

Kuliner Khas Dunia

Beberapa di antaranya adalah Rendang, Kimchi, Sushi, Pizza, dan Kebab.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

1. Rendang

Rendang adalah makanan khas Indonesia yang telah mendunia dan menjadi salah satu hidangan paling terkenal dari Padang, Sumatera.

Hidangan ini terbuat dari daging sapi atau kerbau yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah khas Indonesia, seperti serai, daun jeruk, lengkuas, cabai, bawang merah, bawang putih, dan santan kelapa yang kental.

Proses memasak rendang memerlukan kesabaran dan waktu yang cukup lama, karena daging harus dimasak hingga empuk dan bumbu meresap ke dalamnya.

Hasilnya adalah daging yang sangat lembut, berwarna cokelat kehitaman, dan beraroma kaya. Rendang sering disajikan pada momen-momen istimewa seperti hari raya Idul Fitri atau acara adat tertentu.

baca juga: 8 Makanan Khas Malang yang Wajib Dicoba!

2. Kimchi

Kimchi adalah makanan khas Korea Selatan yang telah mendunia dan menjadi salah satu hidangan paling terkenal dari negeri ginseng tersebut.

Kimchi terbuat dari daun sawi segar yang difermentasi dengan saus gochujang (saus khas Korea) yang memiliki rasa agak pedas.

Selain sawi, kimchi juga dapat dibuat dari bahan lain seperti mentimun, lobak, dan lainnya.

Proses pembuatan kimchi melibatkan perendaman sayuran dengan campuran garam, bawang putih, jahe, dan bumbu-bumbu lainnya.

Kemudian, sayuran-sayuran tersebut dibiarkan dalam wadah tertutup untuk mengalami fermentasi. Proses fermentasi ini memberikan rasa asam, pedas, dan gurih yang khas pada kimchi.

3. Sushi

Sushi adalah salah satu makanan khas Jepang yang telah mendunia dan menjadi favorit di kalangan masyarakat internasional.

Hidangan ini terdiri dari nasi yang dibalut dengan lembaran rumput laut nori dan di atasnya diberi irisan ikan segar atau bahan lain seperti sayuran, telur, atau makanan laut lainnya.

Salah satu jenis sushi yang terkenal adalah Nigiri Sushi, di mana nasi ditekan dan dibentuk dengan tangan, kemudian ditambahkan irisan ikan mentah atau makanan laut di atasnya.

Sushi juga sering dihidangkan bersama wasabi (pasta lobak Jepang) dan soy sauce (saus kedelai).

4. Pizza

Pizza adalah hidangan khas Italia yang telah menjadi salah satu makanan paling populer dan mendunia.

Terdiri dari adonan tipis yang terbuat dari tepung berkualitas tinggi, pizza diisi dengan berbagai macam topping yang menggugah selera seperti keju mozzarella, saus tomat, sosis, daging, sayuran, dan beragam rempah-rempah khas Eropa.

Proses memasak pizza biasanya melibatkan pemanggangan dalam oven dengan suhu tinggi, sehingga menghasilkan kulit yang renyah di luar dan lembut di dalam.

Pizza yang hangat dan harum sering disajikan dalam bentuk irisan segitiga.

5. Kebab

Kebab adalah makanan khas Turki yang telah mendunia dan menjadi salah satu hidangan kuliner khas dunia yang paling terkenal dari negara ini.

Hidangan ini terbuat dari irisan daging sapi, daging ayam, atau daging kambing yang telah dimasak dan dipanggang dengan berbagai rempah-rempah dan bumbu khas Turki.

Proses memasak kebab biasanya dilakukan dengan cara dipanggang di atas panggangan vertikal yang dikenal dengan sebutan “kebab skewer” atau “kebab doner.”

Daging yang telah dipersiapkan dengan bumbu-bumbu khusus dipanggang secara perlahan sehingga mendapatkan rasa yang lezat dan tekstur yang empuk.

Kebab telah menjadi hidangan favorit di banyak negara di seluruh dunia dan telah diadaptasi menjadi berbagai variasi sesuai dengan selera lokal.

Kelezatan dan kemudahan penyajiannya membuat kebab menjadi makanan yang populer di berbagai restoran, pedagang kaki lima, hingga acara makan malam di banyak tempat.

Kesimpulan Kuliner Khas Dunia

Semua makanan ini adalah kuliner khas dunia yang memiliki daya tarik unik dan cita rasa khas masing-masing yang membuatnya menjadi favorit di berbagai belahan dunia.

Kekayaan rempah-rempah dan cara memasak yang berbeda-beda memberikan ciri khas pada setiap hidangan.

Selain memuaskan lidah, makanan-makanan ini juga menjadi bagian dari kebudayaan dan identitas suatu negara.

Kehadiran kuliner khas dunia di meja makan internasional telah menyatukan orang-orang dari berbagai budaya dalam kenikmatan bersama.

Menjadi bukti betapa kuliner khas dunia memiliki kekuatan untuk menyatukan manusia melampaui batas geografis dan budaya.***


Eksplorasi konten lain dari Info Malang Raya

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan