Kuliner Onde onde Malang: Cita Rasa Legendaris Pasar Malang!

kuliner onde-onde malang
banner 468x60

Onde onde Malang – Pasar Oro-Oro Dowo di Kota Malang dikenal sebagai surga kuliner dengan jajanan-jajanan menggoda, salah satunya adalah Onde-onde Sukun yang dijajakan di lapak Pak Edy.

Daya tarik pasar ini terletak pada kesempatan untuk menyaksikan proses pembuatan makanan secara langsung karena lapaknya yang terbuka. Ketika memesan onde onde Malang, Anda dapat melihat bagaimana onde onde Malang polos dimasukkan ke dalam tampah besar dan dilumuri dengan wijen sebelum digoreng dalam wajan raksasa.

Onde onde Malang

Menariknya, onde-onde ini akan betah mengambang di atas minyak panas ketika telah matang.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Pak Edy, si penjual onde-onde, menjelaskan bahwa ia membuat hingga 800 biji onde-onde setiap harinya pada weekday. Namun, saat weekend, produksinya meningkat menjadi 1200 biji untuk menyambut datangnya pecinta kuliner yang memadati pasar ini.

Meski dijual dengan harga Rp 3000 per biji, omzet jualannya mengalami penurunan selama masa pandemi Covid-19. Namun, warisan resep onde-onde ini sudah turun-temurun dan dimulai sejak nenek pada tahun 1980-an, menjadi usaha keluarga yang melibatkan seluruh anggota keluarga.

Bukan hanya onde-onde yang menarik perhatian pengunjung, tetapi juga beragam kudapan lezat lainnya seperti pastel, kucur, lumpia, dan martabak mini yang dijajakan oleh beberapa pedagang di sana.

Selain itu, kuliner khas seperti nasi buk Madura, nasi gudeg, mie, nasi soto, dan rawon juga bisa dinikmati di pasar ini. Jangan lupa untuk mengunjungi lapak sayuran, daging ayam, sapi, dan tempe yang juga tersedia.

Baca juga: Kuliner Legendaris di Malang

Pasar ini sering dikunjungi oleh para pengunjung yang datang dengan mobil, menciptakan suasana yang hidup dan ramai.

Bahkan, baru-baru ini Menkeu Sri Mulyani turut mengeksplorasi kuliner di pasar ini dengan membeli beberapa makanan, termasuk Nasi Buk, tempe mentah dalam plastik, kopi, lumpur, dan keripik tempe dari para pedagang.

Melihat langsung proses pembuatan onde-onde dan berbagai kudapan lainnya merupakan pengalaman unik dan menarik bagi para pengunjung. Para pedagang dengan semangat memperlihatkan cara menggoreng kudapan-kudapan lezat mereka, menciptakan suasana yang penuh kehangatan dan keakraban di pasar ini.

Inilah yang membuat Pasar Oro-Oro Dowo menjadi destinasi wajib bagi pecinta kuliner yang ingin merasakan beragam cita rasa yang menggoda lidah.***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan